Makalah Telaah Kurikulum : Kurikulum TIK KTSP

PENDAHULUAN 
 1.1 Latar Belakang
Bidang teknologi informasi dan komunikasi berkembang. Perkembangan ini berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan, bahkan perilaku dan aktivitas manusia kini banyak tergantung kepada teknologi informasi dan komunikasi. Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu mengantisipasi pesatnya perkembangan tersebut. Secara geografis dan sosial ekonomis Indonesia penerapan dan pengembangan kurikulum berbasis TIK akan menjadi tulang punggung sistem pendidikan masa yang akan datang. Dengan kurikulum berbasis TIK yang akan dikembangkan harus mampu mengangkat harkat dan nilai-nilai kemanusiaan dengan terciptanya layanan pendidikan yang lebih bermutu dan efisien, sehingga dapat memenuhi kebutuhan manusia di dalam zaman global
dan kompetitif ini. Kurikulum TIK masa yang akan datang perlu dikembangkankan mengarah pada terwujudnya sistem pendidikan terpadu yang dapat membangun bangsa yang mandiri, dinamis dan maju. Sudah barang tentu semua ini harus diikuti oleh kesiapan seluruh komponen sumber daya manusia baik dalam cara berpikir, orientasi perilaku, sikap, dan sistem nilai yang mendukung pengembangan kurikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Diharapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) mata pelajaran TIK yang disusun guru di lapangan sudah terbangun dan siap untuk digunakan, karena dalam menerapkan KTSP yang disusun guru berdasarkan standar isi dari pusat. Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas sebagai salah satu pusat di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional memiliki tugas dan fungsi dalam mengembangkan standar isi, cikal bakal penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Seiring dengan tugas pokok dan fungsi Pusat Kurikulum tersebut maka Rencana Operasional 2007-2009 Puskur Balitbang Depdiknas dalam mata pelajaran TIK diarahkan kepada revitalisasi kurikulum. Selain itu juga mempunyai tugas memberi bantuan profesional (Banprof) dan pendampingan dalam penyusunan KTSP di daerah. 


1.2 Rumsan Masalah 
1. Bagaimana konsep kurikulum TIK?
2. Bagaimana Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum TIK?
3. Bagaimana aspek kajian dari kurikulum TIK ?
4. Bagaimana kondisi standar isi TIK Nasional ?
5. Bagaimana Pembelajaran TIK Contoh Silabus Berdasar KBK,KTSP dan RPP TIK SMA ?

1.3 Tujuan 
1. Untuk mendeskripsikan apa konsep kurikulum TIK.
2. Untuk mendeskripsikan bagaimana Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum TIK
3. Untuk mendeskripsikan bagaimana kondisi standar isi TIK Nasional.
4. Untuk mendeskripsikan aspek kajian dari kurikulum TIK.
5. Untuk mendeskripsikan bagaimana Pembelajaran TIK Contoh Silabus Berdasar BK,KTSP dan RPP TIK SMA

1.4 Manfaat 
• Bagi Penulis. Sebagai pemenuhan atas tugas yang diberikan oleh dosen pengempu mata kuliah Telaah Kurikulum terutama dalam kurikulum TIK.
• Bagi Pembaca Sebagai bahan pembelajaran dalam mata kuliah Telaah Kurikulum terutama dalam kurikulum TIK.



PEMBAHASAN

2.1   Konsep kurikulum TIK
            Kurikulum TIK mengandung konsep-konsep dalam tiga kategori yang saling berhubungan sebagai berikut:
a. Berkomunikasi, mencari tahu (inkuiri), membuat keputusan, dan menyelesaikan masalah.
b. Operasi-operasi dasar, pengetahuan, dan konsep-konsep.
c. Proses untuk produktivitas.
Siswa diharapkan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam kehidupan sehari dalam situasi dunia nyata. Namun demikian, Kurikulum ICT tidak dimaksud kan untuk berdiri sendiri, tetapi lebih masuk pula ke dalam mata pelajaran mata pelajaran lain. Dalam Buku Information and Communication Technology, The National Curriculum for England, Key Stage 1-4, 1999 dinyatakan bahwa TIK dapat menimbulkan pengembangan spiritual, moral, sosial, dan budaya siswa melalui TIK.
a.       Pengembangan spiritual siswa. Dengan membantu siswa untuk berdiskusi tentang bagaimana keterbatasan-keterbatasan TIK membuat kita ingat terhadap siapa yang menciptakan kita sebagai manusia (sebagai contoh: dapatkah komputer mencipta?). Juga dengan membantu siswa menyadari kreativitas dan imaginasi mereka sendiri.
b.      Pengembangan moral, melalui pemikiran beberapa isu etika di sekitar kita tentang salah penggunaan informasi (Contoh: hak untuk mengetahui informasi pribadi), menyadari bagaimana TIK dapat melipatgandakan hasil dari usaha kita, dan akibatnya mengapresiasi kebutuhan kebutuhan tanggungjawab yang lebih besar dalam penggunaannya.



a.       Pengembangan  sosial,  melalui  pemikiran  tentang  bagaimana  TIK dapat memfasilitasi komunikasi dan berbagi informasi, serta diskusi bagaimana TIK mempengaruhi jalan kehidupan, cara bekerja dan berkomunikasi (Contoh: dampaknya terhadap pekerjaan, hubungan sosial, dan masyarakat terbatas).
b.      Pengembangan budaya, melalui diskusi tentang bagaimana TIK menimbulkan kontek-kontek budaya (Contoh: bagaiamana sebuah presentasi world wide web (www) mencerminkan budaya dari pembuatnya.
Dewasa ini, istilah Teknologi Informasi telah berkembang dan masuk ke berbagai aspek komputasi dan teknologi yang mencakup banyak bidang keilmuan. Cakupan keilmuan Teknologi Informasi dikategorikan ke dalam Manajemen Informatika, Jaringan Komputer (LAN, WAN, Intranet, dan Internet), Sistem Basis Data, Perancangan Perangkat Lunak, Sistem Informasi Manajemen, Sistem manajemen, dan lainnya. Masing-masing kategori tersebut dibagi lagi ke dalam berbagai keilmuan yang lebih detail lagi, sehingga sangat kompleks. Menyiapkan tenaga professional TIK yang handal perlu dilakukan dengan memberikan pendidikan dan pelatihan yang komprehensif berdasarkan kategori keilmuan TIK tersebut.
Bahan kajian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk jenjang SMP/MTs dan SMA/MA dalam standar isi mencakup 3 aspek yaitu Konsep, pengetahuan, dan operasi dasar; Pengolahan informasi untuk produktifitas ; dan Pemecahan masalah, eksplorasi dan komunikasi. Masing-masing aspek meliputi kompetensi sebagai berikut :
Konsep, pengetahuan, dan operasi dasar.
Siswa mampu mengenali secara mendalam hakekat dan dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi, etika dan moral pemanfaatan teknologi, media massa digital, masalah ergonomis dan keamanan, dasar-dasar komputer, dan pengoperasian teknologi multimedia.
Pengolahan informasi untuk produktifitas.
Siswa mampu menggunakan pengetahuan dan keterampilan untuk berbagai macam perangkat produktifitas teknologi meliputi: penggunaan Sistem Operasi (Operating System); melakukan setting periferal ; pengoperasian software ; pemanfaatan jaringan.
Pemecahan masalah, eksplorasi dan komunikasi.
Siswa mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilannya dalam situasi kehidupan nyata untuk mendapatkan informasi, mengelola gagasan, memecahkan masalah, melakukan penelitian, dan menggunakan perangkat komunikasi untuk mendapatkan dan mengirimkan informasi.

2.2  Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum TIK
Perkembangan Iptek serta jenjang masing-masing satuan pendidikan (UU No. 2 Tahun 2000 Tentang Sistem Pendidikan Nasional). Salahsatu mata pelajaran yang mendukung perkembangan iptek yaitu teknologi informasi dan komunikasi (TIK).Kurikulum TIK menyediakan sebuah perspesktif luas tentang teknologi, bagaimana menggunakan  dan  menerapkan  berbagai  macam  teknologi  dan dampak  TIK terhadap individu dan masyarakat. Siswa SMP/MTs sampai SMA/MA didorong untuk berkecimpung dengan kompleksitas teknologi dan juga kelebihan-kelebihan dan kelemahan-kelemahan teknologi dalam kehidupan kita dan dalam dunia kerja. Kurikulum TIK tidak dimaksudkan untuk berdiri sendiri tetapi lebih terintegrasi dengan mata pelajaran lainnya. TIK lebih baik dipelajari dalam kontek aplikasi. Aktifitas atau kegiatan kegiatan, pekerjaan-pekerjaan, dan persoalan-persoalan yang menirukan keadaan-keadaan kehidupan sebenarnya merupakan sumber yang efektif untuk belajar TIK. Kurikulum TIK harus senantiasa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan TIK itu sendiri. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan kurikulum TIK.

1.      Program Studi

Program studi TIK di Indonesia  diperuntukkan bagi siswa kelas VII sampai kelas XII. Harus ada dokumen tiap jenjang SMP/MTs dan SMA/MA. Setiap dokumen harus menggarisbawahi mengapa program harus ditawarkan, apa yang diharapkan peserta didik untuk belajar dan prinsip-prinsip dasar tentang bagaimana siswa memperoleh pengetahuan yang diperlukan, ketrampilan dan sikap. Namun demikian dokumen-dokumen tersebut harus memiliki fleksibilitas untuk memutuskan bagaimana   mengajarkan   kurikulum   tersebut   dan   urutan   dimana   kurikulum diajarkan.

2.      Apa yang harus dipelajari siswa

Kurikulum TIK diarahkan kepada keberhasilan siswa dalam memahami, menjelaskan, mengaplikansikan TIK dalam kehidupan sehari-hari dan dalam dunia kerja. Untuk itu, melalui kurikulum TIK diharapakan:
a.       Memiliki kemampuan menunjukkan ketrampilan (skill) dan sikap untuk pembelajaran masa depan dan dunia kerja.
b.      Mengantisipasi dan merencanakan kebutuhan masa depan dengan memikirkan perubahan-perubahan dan pengembangan di dalam masyarakat seperti kecenderungan dalam pekerjaan, globalisasi, dan kemajuan bidang teknologi.
c.       Menyatukan  nilai-nilai  dari  kewarganegaraan  dan  menghormati  perbedaan bahasa dan budaya.
d.      Memikirkan kebutuhan murid dan kemampuan intelektual sosial, emosional, dan fisik pada berbagai usia yang berbeda dan tahap pertumbuhan kepribadian yang berbeda.
e.       Memastikan bahwa setiap kelas menyediakan landasan/dasar pengetahuan untuk pembelajaran yang sukses di tahun-tahun berikut.
f.       Menyatukan penemuan-penemuan baru dan teori-teori baru yang secara umum diterima oleh ahli/pakar-pakar di bidangnya.
g.      Mengembangkan ketrampilan-ketrampilan yang penting untuk sukses dalam pembelajaran suatu mata pelajaran.
h.      Memikirkan penelitian-penelitian baru tentang metoda-metoda pembelajaran dan bagaimana murid belajar dengan baik.
i.        Menunjukkan tingkat yang paling sesuai dimana ketrampilan tersebut akan diperoleh.
j.        Menyatukan  bagaimana  studi  sebuah  subject  (mata  pelajaran)  berkantribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan kepribadian peserta didik. k.Mengakomodasi   pembelajaran   dalam   lingkungan-lingkungan   yang   berbeda l.Mempertimbangkan    cara    yang   bervariasi    tentang   penyampaian    program pembelajaran    kepada    murid    termasuk    teknologi    baru    dan    penggunaan sumbersumber umum seperti ”distance learning.

3.      Siapa yang harus terlibat (Stakeholder).Banyak pihak yang harus terlibat dalam pengembangan kurikulum TIK, diantaranya adalah: Pusat kurikulum, guru, kepala madrasah,  orang  tua  siswa,  ahli  pendidikan,  pakar  dari  perguruan  tinggi,  dan anggota masyarakat yang dipilih. Masukan-masukan dari berbagai macam stakeholder akan memastikan bahwa kurikulum secara terus menerus memenuhi kebutuhan siswa dan bahwa selalu ada transisi yang berkesinambungan dari kelas yang satu ke kelas yang lain sampai ke perguruan tinggi dan dunia kerja.
4.      Memastikan   kurikulum   harus   tetap   up   to   date   Kurikulum   harus   selalu memfasilitasi murid dengan pengetahuan-pengetahuan dan keterampilan- keterampilan  yang  dibutuhkan  untuk  saat  ini  dan  masa  yang  akan  datang. Perubahan-perubahan  kurikulum  dibuat  untuk  mempertahankan  kekinian.   dan
relevansi.  Revisi  kurikulum  dilakukan  setelah  terjadi  konsultasi  intensif dengan stakeholder pendidikan.
5.      Merencanakan perubahan kurikulum Setiap rencana perubahan kurikulum direncanakan jauh sebelumnya untuk meminimalkan setiap dampak negatif pada madrasah, guru dan siswa. Pada umumnya perubahan-perubahan tersebut adalah kecil dan tidak memerlukan model pembelajaran baru atau sumber-sumber baru. Namun  demikian  jika  ternyata  memerlukan  perubahan  yang  besar,  orang-orang yang terlibat dalam perubahan harus memastikan bahwa jajaran madrasah diberi tahu lebih awal sedemikian rupa sehingga madrasah dapat menyiapkan untuk perubahan-perubahan dan penyediaan sumber-sumber baru yang dibutuhkan.
6.      Merevisi kurikulum Jika ternyata berdasarkan proses review berkesinambungan bahwa perlu ada revisi besar atau revisi kecil terhadap kurikulum, stakeholder pendidikan   memainkan   peranan   penting   dalam   proses   revisi.   Stakeholder pendidikan melaksanakan konsultasi awal dan menyiapkan draf perubahan. Draf tersebut  disebarluaskan   kepada  seluruh  stakeholder  melalui  panitia  pengarah, format-format feedback online, konferensi/seminar, dan presentasi kepada komite madrasah. Guru juga memainkan peranan yang vital dalam proses revisi kurikulum. Guru tersebut akan  menggunakan pengetahuan praktis mereka tentang suatu subject dan tentang kebutuhan murid pada level usia tertentu untuk memberikan input dan feedback (umpan balik) selama proses revisi.
7.       Pelaksanaan kurikulum Draf kurikulum yang dikembangkan melalui konsultasi dengan seluruh stakeholder pendidikan diajukan kepada Menteri Pendidikan Nasional  untuk  memperoleh  pengesahan.  Begitu  kurikulum  tersebut  disahkan, jajaran madrasah memiliki tanggungjawab utama dalam pengembangan lebih lanjut sebagai program atau persiapan pelaksanaan lapangannya.. Beberapa madrasah mungkin memiliki kesempatan untuk mengembangkan ke dalam silabus dan RPP dan menguji coba kurikulum untuk satu tahun Sebelum pelaksanaan kurikulum TIK diseluruh madrasah.
8.      Evaluasi Kurikulum Setelah satu rentang waktu pelaksanaan tertentu, kurikulum perlu atau harus dievaluasi. Pelaksanaan evaluasi kurikulum dapat dilaksanakan secara kontinu dari tahun pertama sampai tahun terakhir dalam rentang waktu tersebut.

2.3 Kondisi standar isi TIK Nasional 
Secara umum, kondisi standar isi TIK Nasional  ditinjau dari kelebihan  dan kekurangan dari hasil analisis dokumen adalah sebagai berikut:


 Kelebihan yaitu:
a.       Standar isi kurikulum TIK Nasional telah memberikan konsep dasar TIK termasuk cara pengoperasian standar dengan mempertimbangkan pada konsep etika, keselamatan, kesehatan kerja, termasuk juga Hak atas Kekayaan Intelektual.
b.      Telah mendorong pada kreatifitas siswa dalam pemanfaatan TIK untuk   menghasilkan produk meskipun terbatas pada teks dan grafik.
Kekurangannya yaitu:
  1. Cenderung berorientasi pada TIK sebagai Alat, belum secara mendasar memberikan konsep pengembangan TIK itu sendiri,
  2. Belum mengintegrasikan TIK dengan mata pelajaran yang terkait lainnya untuk melakukan analisis maupun pengembangan ide.
  3. Belum menerapkan konsep pemanfaatan TIK dalam membuat suatu  model sebagai pemecahan masalah.
Kondisi kesiapan sekolah dalam menerapkan kurikulum TIK. Kajian kesiapan sekolah dilakukan berdasarkan kondisi kesiapan jenjang SMA/MA. Standar Isi mata pelajaran TIK dikaji oleh para praktisi di lapangan, yaitu para guru SMA/MA yang ada di Jakarta, Jogyakarta, dan Serpong. Hasil kajian tersebut adalah sebagai berikut.
Kajian kesiapan sekolah Jenjang SMA/MA
1) Beberapa SK dan KD di SMA kelas X sudah didapatkan siswa di    tingkat SLTP seperti Pengolah Kata, Pengolah Angka dan Internet,  sehingga terjadi pengulangan
2) Urutan Standar Kompetensi kurang sesuai, seperti menggunakan  program presentasi diberikan di kelas XII smt 2, Sedangkan program presentasi sudah sangat diperlukan untuk mendukung mata pelajaran lain. Sebaiknya, menurut kami SK ini dapat ditempatkan di kelas XI smt 1.
3) Standar Kompetensi tentang internet memuat KD yang kurang   memberikan pikir kreatif. KD hanya berisi materi-materi umum dan kurang merangsang kreatifitas siswa. Contohnya KD tentang materi pembuatan web tidak ada.
4) Tidak adanya SK tentang pemrograman, sedangkan pemrograman sangat penting bagi siswa untuk persiapan atau bekal mengikuti OSN Naskah Akademik  Kajian Standar Isi  TIK
5) Dalam pelaksanaan kurikulum TIK  beberapa masalah yang sering muncul antara lain 
     o Jumlah Komputer yang belum mencukupi.
     o Daya listrik yang masih kurang
     o Fasilitas Akses Internet kurang maksimal
     o Bahan ajar on-line dari Dinas belum ada.
6) Kurangnya wawsasan para pengajar  tentang teknologi informasi,    sehingga embelajaran hanya terfokus padakomputer.
7) Program yang digunakan umumnya tidak original, sehingga bertentangan dengan HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual).
8) Kurikulum TIK untuk SMA baru memanfaatkan komputer yang merupakan bagian dari TIK sebatas “pengganti mesin tik konvensional”. Belum menunjukan dasar-dasar pemrograman yang merupakan inti kecanggihan sebuah komputer dengan teknologi canggihnya.
9) Tidak adanya SK dan KD tentang database
10) Tidak menunjukan adanya gradasi (kenaikan) kompetensi dari SMP ke SMA.
11) Perangkat lunak pengolah kata, pengolah angka dan perangkat lunak presentasi terlalu sederhana untuk siswa SMA.
12) Tidak menunjukan adanya gradasi (kenaikan) kompetensi dari SMP ke SMA.
13) Kata kerja untuk SK dan KD kurang menekankan ranah psikomotor,    sehingga muatan kurikulum lebih banyak menuntut teori.
14)  Pendidikan nilai untuk menghargai Hak Atas Kekayaan Intelektual  (HAKI) harus lebih ditekankan pada larangan mengcopy/memperbanyak, mengedarkan, memasang (menginstall), memperjual-belikan, perangkat lunak bajakan.
15) Pendidikan nilai untuk menghargai Hak Atas Kekayaan Intelektual  (HAKI) harus lebih ditekankan pada larangan mengcopy/memperbanyak, mengedarkan, memperjual-belikan, perangkat lunak bajakan.
16) SK dan KD belum mencerminkan pendidikan TIK yang benar, karena pengolah kata dan pengolah angka bukan merupakan “informasi” yang dimaksud dalam TIK. Contoh informasi yang dimaksud dalam TIK adalah informasi transaksi yang tersimpan dalam komputer ATM (Anjungan Tunai Mandiri), Informasi yang tersimpan dalam komputer setiap Bank yang sudah on-line, Informasi transaksi yang tersimpan dalam komputer Swalayan/Supermarket, Informasi calon penumpang pesawat terbang yang tersimpan dalam komputer bagian penjualan tiket pesawat, dan lain-lain yang sejenis. Jadi Informasi yang dimaksud adalah hasil pengolahan data yang tersimpan dalam sebuah sistem database (Basis data).
17) Pengenalan dasar internet untuk siswa SMA terlalu sederhana, tapi sebaiknya diarahkan kepada teknik rancang bangun situs web, web server, e-mail server, downloading dan up-loading.

2.4  Kajian dari kurikulum TIK.
Bahan kajian  Kurikulum Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk jenjang SMP/MTs dan SMA/MA dalam standar isi mencakup 3 aspek yaitu Konsep, pengetahuan, dan operasi dasar; Pengolahan informasi untuk produktifitas ; dan Pemecahan masalah, eksplorasi dan komunikasi. Masing-masing aspek meliputi kompetensi sebagai berikut :
a.    Konsep, pengetahuan, dan operasi hitung
Siswa mampu mengenali secara mendalam hakekat dan dampak Teknologi Informasi  dan  Komunikasi,  etika  dan  moral  pemanfaatan  teknologi,  media massa digital, masalah ergonomis dan keamanan, dasar-dasar komputer, dan pengoperasian teknologi multimedia.
b.  Pengolahan informasi untuk produktifitas
Siswa mampu menggunakan pengetahuan dan keterampilan untuk berbagai macam perangkat produktifitas teknologi meliputi: penggunaan Sistem Operasi (Operating System); melakukan setting periferal ; pengoperasian software ; pemanfaatan jaringan.
c. Pemecahan masalah, eksplorasi dan komunikasi
Siswa mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilannya dalam situasi kehidupan  nyata  untuk  mendapatkan  informasi,  mengelola  gagasan, memecahkan masalah, melakukan penelitian, dan menggunakan perangkat komunikasi untuk mendapatkan dan mengirimkan informasi.
Hubungan Ketiga aspek
Aspek-aspek  standar  kompetensi  tersebut  saling  mendukung  dalam  membentuk suatu kompetensi. Cara mengajarkan aspek 1 dan 2 tidak harus berurutan, boleh juga dimulai dari aspek 2 ke aspek 1, atau disajikan secara serentak. Kompetensi siswa yang terbentuk dari aspek Konsep, pengetahuan, dan operasi dasar atau aspek Pengolahan informasi untuk produktifitas akan membangun kompetensi dari aspek Pemecahan masalah, eksplorasi dan komunikasi.
2.5  Pembelajaran TIK Contoh Silabus Berdasar BK,KTSP dan RPP  TIK SMA.
Berikut ini Standar Kompetensi Pelajaran TIK berdasarkan KBK dan KTSP

Kelas

KBK

KTSP











X-1

Memiliki sikap (etika dan moral ) kesehatan dan keselamatan kerja (K3) dalam menggunakan perangkat TIK.

Menggunakan Sistem Operasi (Operating Sistem) untuk manajemen file dan periferal.

Membuat Dokumen menggunakan

Program Pengolahan kata
Melakukan operasi dasar komputer. Memahami fungsi dan proses kerja

berbagai peralatan TIK.


Memahami ketentuan penggunaan

TIK


Menggunakan Operating System

(OS)





X-2

Membuat dokumen menggunakan lembar kerja.

Membuat Documen menggunakan

Program Presentasi.

Lanjutan menggunakan Operating

System.


Menggunakan perangkat lunak pengolah kata


XI-1


Membuat file database.

Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi




XI-2

Menggunakan paket-paket program grafis dan multimedia.
Mengenal Bahasa Pemrograman

Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menghasilkan informasi



XII-1

Menggunakan jaringan local (LAN) untuk keperluan informasi dan komunikasi


Menggunakan perangkat lunak pembuat grafik.





XII-2

Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunkasi.

Menggunakan homepage untuk informasi dan komunikasi




Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi




Silabus kedua kurikulum itu terdapat perbedaan yang sangat signifikan. Pada kurikulum tingkat satuan pendidikan telah di rampingkan dan beberapa kompetensi dasar telah ditiadakan dari KBK. Kompetensi dasar yang ditiadakan itu antara lain tentang membuat file database, pengenalan bahasa pemrograman, tentang LAN, dan pembuatan homepage.
Isi KTSP TIK sangat sederhana dan tidak terlalu banyak materinya karena lulusan SMA tidak diorientasikan untuk bisa menjadi seorang ahli TIK, jadi sangat tepat dilakukan perampingan isi pelajaran. Wajar sekiranya sebagai pelajaran baru TIK kurikulumnya masih belum begitu teruji. Sangat disayangkan jika KBK berlanjut maka sangat banyak siswa yang sangat tertekan harus begitu banyak mempelajari materi TIK mulai dari  tingkat awal sampai pembuatan web hingga manajemen pengelolaannya.
Pada KBK ini memang terdapat banyak kejanggalan, antara lain penjabaran standar kompetensi kelas XII-2 yg dijabarkan dalam kompetensi dasar (KD) yang berisi pembuatan homepage, mulai mendesain, tentang Web Author dan pengelolaan homepage. Semetinya dalam KD itu berisi tentang bagaimana cara menggunakan homepage itu saja. Beruntung kejanggalan itu telah diperbaiki pada KTSP.

Contoh RPP Mata Pelajaran TIK SMA

RENCANA PELAKSANAANPEMBELAJARAN (R P P)



Mata Pelajaran              :     Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester           :     XI / 1

Alokasi Waktu              :     2 Jam Pelajaran (2 x 45 menit) Pertemuan ke                :     2
Standar Kompetensi     :     1. Menggunakan   internet   untuk   keperluan   informasi   dan komunikasi
Kompetensi Dasar        :     1.1  Menjelaskan berbagai perangkat keras dan fungsinya untuk keperluan akses internet


Indikator :

    Menjelaskan mengenai Microsoft Office Excel (Versi 2007)

    Menjelaskan tampilan pada Microsoft Office Excel (Versi 2007)

    Menjelaskan menu bar yang terdapat dalam Microsoft Office Excel (Versi 2007

)

    Menjelaskan menu ribbon yang  terdapat dalam Microsoft Office Excel (Versi

2007 )



I.    Tujuan Pembelajaran :

Setelah mempelajari materi tentang mengaktifkan komputer siswa dapat:

A.  Akademik

    Mengetahui mengenai internet

    Mengetahui perangkat keras untuk akses internet

    Mengetahui perangkat pendukung akses internet pada jaringan

B.  Nilai Karakter

1.   Menggunakan  waktu untuk memulai dan mengakiri kegiatan  inti secara sistematis (disiplin)
2.   Mencari sumber belajar dan  bertanya hal-hal yang kurang jelas (Kreatif dan

Inovatif, kritis.
3.   Berusaha untuk mengerjakan tugas secara mandiri (Mandiri)

II.  Materi

Terlampir

III. Metode Pembelajaran

Metoda           : Ceramah, Diskusi, Penugasan

Model             : Direct learning



IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Tahapan

Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu

(menit)





Pendahuluan
a.   Mengucapkan salam

b.   Melakukan absensi

c.   Melakukan apersepsi

d. Menyampaikan       beberapa kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran
a.   Membalas       salam       guru

(Bersahabat/Komunikatif)

b.   Memberitahukan absensi hari ini
c.   Memperhatikan            dengan seksama




+10













Kegiatan Inti
1.   Eksplorasi

a. Menggali     pengetahuan awal  siswa terkait  materi yang akan disampaikan dengan memberikan beberapa pertanyaan.






2.   Elaborasi

a. Menyampaikan     materi pembelajaran
b. Membagikan LKS serta memberikan         petunjuk
1.   Eksplorasi

a. Menyimak  topik  yang disampaikan  oleh  guru dan menjawab pertanyaan yang diberikan sesuai dengan pengetahuan awal yang mereka miliki (Disiplin, Kreatif dan Inovatif, Kritis).
2.   Elaborasi

a.   Menyimak penjelasan guru mengenai materi diajarkan oleh guru  (Disiplin)
b.   Bertanya jika ada hal hal
+ 10

















+ 50





Tahapan

Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu

(menit)

pengerjaan   LKS   kepada

siswa.

c.   Membimbing siswa dalam mengerjakan tugasnya


3.   Konfirmasi

a. Menujuk beberapa siswa untuk membacakan hasil pekerjaannya
b. Melakukan          refleksi terhadap proses belajar mengajar yang telah berlangsung serta memberikan penjelasan jika ada yang masih salah pada saat siswa membacakan hasil pekerjaannya dan memberikan kesempatan untuk bertanya   kepada siswa jika masih ada yang belum jelas.
yang   kurang   jelas   saat

demonstrasi ( Kreatif)

c.  Mengerjakan tugas (Kerja Keras, Kreatif, Jujur, Mandiri)
3.   Konfirmasi

a. Maju   kedepan   untuk membacakan hasil kerja ( Kerja Keras, Tanggung Jawab)























+ 10







Penutup
a.   Bersama-sama  dengan  siswa

membuat rangkuman/simpulan pelajaran
b. Memberikan           informasi rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
c.   Mengucapkan salam penutup
a.   Ikut

merangkum/menyimpulkan pelajaran dan mencatat hal-hal yang dianggap penting
b.   Merapikan buku dan alat tulis c.   Membalas       salam       guru (Bersahabat/Komunikatif)







+ 10



V.   Sumber Belajar

Alat       :  Papan tulis, Spidol, Komputer (PC)/Laptop, dan LCD

Sumber :  LKS  VIVA  PAKARINDO,  Buku  Paket  Teknologi  Informasi  dan

Komunikasi Kelas XI Penerbit Erlangga, Internet



VI. Penilaian

1.   Aspek Kognitif

Teknik                       : Tes tulis Bentuk Instrumen    : Soal uraian Soal / instrumen        :
1.  Internet dikatakan sebagai sebuah jaringan komputer global, jelaskan

maksud pernyataan tersebut!

2.  Sebut dan jelaskan beberapa jenis modem yang ada!


Kunci Jawaban:

1. Internet  (interconnection  networking)  merupakan  jaringan  yang menghubungkan  komputer-komputer di  seluruh  dunia, sehingga terbentuk   ruang  maya   komputer  dimana  masing-masing  komputer
salaing berhubungan dan berkomunikasi

2.Rubrik Penilaian      :

Nilai
Kriteria

100
- Menjelaskan mengenai Pengertian Internet dengan benar

90
- Kurang sempurna menjelaskan mengenai Pengertian Internet dengan

benar
80
- Menjelaskan mengenai Pengertian Internet dengan cukup benar
70
- Menjelaskan mengenai Pengertian Internet dengan Tidak tepat
0
Tidak menuliskan apapun


Skor Maksimum = 100
Skor Minimum = 0

PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Kurikulum   mempersiapkan   peserta   didik   menghadapi   tantangan- tantangan di masa depan dengan memberikan keterampilan dan keahlian bertahan hidup. Kurikulum tidak cukup hanya dengan mengarahkan peserta didik pada penguasaan materi pembelajaran (content oriented) saja, tetapi perlu juga dikembangkan dengan berorientasi kepada kehidupan peserta didik dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, kurikulum TIK lahir sebagaimana kebutuhan manusia yang setiap hari mengandalkan teknologi untuk mempermudah suatu proses belajar-mengajar.
3.2 Saran
Dalam sebuah perjalanan suatu kurikulum, hendaknya dianalisis dari kebutuhan siswa tersebut. Sehingga nantinya, dalam menggunakan suatu kurikulum TIK, siswa tidak kebingungan atau dalam artian lain, siswa tidak bisa memanfaatkan / mengimplementasikan pembelajaran yang sudah dipelajari dalam kurikulum TIK tersebut.
  






  



 DAFTAR PUSTAKA
Wikipedia ,Pengertian Teknologi informasi dan komunikasi


Oktober 2012)

Anonim.2012Peran-tik-dalam-dunia-pendidikanhttp://edukasi.kompasiana.com/2012/07/10/peran-tik-dalam-dunia-pendidikan/ ( diakses tanggal 2 November 2012 )


bdkpadang.kemenag.” Pengemangan dan pelaksanaan Kurikulum TIK

http://bdkpadang.kemenag.go.id//( diakses tanggal 2 November 2012 )



Anonim.2007” silabus-tik-sma-antara-kbk-dan-ktsphttp://urip.wordpress.com/2007/01/10/silabus-tik-sma-antara-kbk-dan-ktsp/ ( diakses tanggal 2 November 2012 )

 
Title : Makalah Telaah Kurikulum : Kurikulum TIK KTSP
Description : PENDAHULUAN     1.1 Latar Belakang Bidang teknologi informasi dan komunikasi berkembang. Perkembangan ini berpengaruh besar terhadap ber...

15 Responses to "Makalah Telaah Kurikulum : Kurikulum TIK KTSP"

  1. Hi, I do think this is an excellent web site. I stumbledupon it ;) I will come back once again since i have book-marked it.
    Money and freedom is the greatest way to change, may you be rich and continue to help other people.
    Also visit my page - backup camera

    ReplyDelete
  2. It's actually a great and useful piece of information. I'm happy
    that you just shared this helpful information with us.
    Please stay us informed like this. Thank you for sharing.
    Feel free to visit my web site ; reborn baby dolls

    ReplyDelete
  3. Hi to all, how is all, I think every one is getting more from this
    web page, and your views are good in favor of new viewers.
    Feel free to visit my web-site Garden supply

    ReplyDelete
  4. Hey there! This post could not be written any better!
    Reading this post reminds me of my previous room mate!
    He always kept talking about this. I will forward
    this write-up to him. Fairly certain he will have a good read.
    Thank you for sharing!
    Here is my web page ; funnymariogames

    ReplyDelete
  5. Good post. I learn something totally new and challenging on sites
    I stumbleupon every day. It will always be interesting to
    read content from other writers and use something from other websites.
    My web site :: funnymariogames

    ReplyDelete
  6. Hi my friend! I want to say that this post is amazing, great written and include approximately
    all significant infos. I would like to see more posts like this .
    Also see my page: social media

    ReplyDelete
  7. I used to be able to find good advice from your articles.
    My web page - Forex Trading Demo

    ReplyDelete
  8. Hi! Someone in my Facebook group shared this website with us so I came to take a look.
    I'm definitely enjoying the information. I'm bookmarking and will be tweeting this to my
    followers! Superb blog and wonderful design and style.
    Check out my homepage ... High Desert

    ReplyDelete
  9. I have been browsing online more than 3 hours lately, yet I by no means found any fascinating article like yours.
    It's lovely value enough for me. In my opinion, if all website owners and bloggers made good content as you did, the web will be much more useful than ever before.
    Also visit my blog post :: lorenzetti roma

    ReplyDelete
  10. Hello, I enjoy reading through your article post.
    I like to write a little comment to support you.
    My webpage :: friv

    ReplyDelete
  11. Hello, I enjoy reading through your article. I wanted to write a little comment to support you.


    My website ... gw2 gold
    my page: buy cheap gw2 gold

    ReplyDelete
  12. Remarkable things here. I'm very glad to look your post. Thank you so much and I am taking a look forward to touch you. Will you please drop me a e-mail?

    my web page; tours chiang mai

    ReplyDelete
  13. thanks ya ....bagus suka sekali thanks

    ReplyDelete

No SPAM and No PORN, ejoy for comment!

Berlangganan

Masukan alamat Email mu untuk Berlangganan Artikel Lewat Email, kamu akan dapat Update Artikel dari blog ini langsung melalui email

Enter your email address: