PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Bidang teknologi informasi dan komunikasi berkembang. Perkembangan ini berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan, bahkan perilaku dan aktivitas manusia kini banyak tergantung kepada teknologi informasi dan komunikasi. Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu mengantisipasi pesatnya perkembangan tersebut.
Secara geografis dan sosial ekonomis Indonesia penerapan dan pengembangan kurikulum berbasis TIK akan menjadi tulang punggung sistem pendidikan masa yang akan datang. Dengan kurikulum berbasis TIK yang akan dikembangkan harus mampu mengangkat harkat dan nilai-nilai kemanusiaan dengan terciptanya layanan pendidikan yang lebih bermutu dan efisien, sehingga dapat memenuhi kebutuhan manusia di dalam zaman global
dan kompetitif ini. Kurikulum TIK masa yang akan datang perlu dikembangkankan mengarah pada terwujudnya sistem pendidikan terpadu yang dapat membangun bangsa yang mandiri, dinamis dan maju. Sudah barang tentu semua ini harus diikuti oleh kesiapan seluruh komponen sumber daya manusia baik dalam cara berpikir, orientasi perilaku, sikap, dan sistem nilai yang mendukung pengembangan kurikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Diharapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) mata pelajaran TIK yang disusun guru di lapangan sudah terbangun dan siap untuk digunakan, karena dalam menerapkan KTSP yang disusun guru berdasarkan standar isi dari pusat. Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas sebagai salah satu pusat di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional memiliki tugas dan fungsi dalam mengembangkan standar isi, cikal bakal penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Seiring dengan tugas pokok dan fungsi Pusat Kurikulum tersebut maka Rencana Operasional 2007-2009 Puskur Balitbang Depdiknas dalam mata pelajaran TIK diarahkan kepada revitalisasi kurikulum. Selain itu juga mempunyai tugas memberi bantuan profesional (Banprof) dan pendampingan dalam penyusunan KTSP di daerah.
dan kompetitif ini. Kurikulum TIK masa yang akan datang perlu dikembangkankan mengarah pada terwujudnya sistem pendidikan terpadu yang dapat membangun bangsa yang mandiri, dinamis dan maju. Sudah barang tentu semua ini harus diikuti oleh kesiapan seluruh komponen sumber daya manusia baik dalam cara berpikir, orientasi perilaku, sikap, dan sistem nilai yang mendukung pengembangan kurikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Diharapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) mata pelajaran TIK yang disusun guru di lapangan sudah terbangun dan siap untuk digunakan, karena dalam menerapkan KTSP yang disusun guru berdasarkan standar isi dari pusat. Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas sebagai salah satu pusat di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional memiliki tugas dan fungsi dalam mengembangkan standar isi, cikal bakal penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Seiring dengan tugas pokok dan fungsi Pusat Kurikulum tersebut maka Rencana Operasional 2007-2009 Puskur Balitbang Depdiknas dalam mata pelajaran TIK diarahkan kepada revitalisasi kurikulum. Selain itu juga mempunyai tugas memberi bantuan profesional (Banprof) dan pendampingan dalam penyusunan KTSP di daerah.
1.2 Rumsan Masalah
1. Bagaimana konsep kurikulum TIK?
2. Bagaimana Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum TIK?
3. Bagaimana aspek kajian dari kurikulum TIK ?
4. Bagaimana kondisi standar isi TIK Nasional ?
5. Bagaimana Pembelajaran TIK Contoh Silabus Berdasar KBK,KTSP dan RPP TIK SMA ?
1.3 Tujuan
1. Untuk mendeskripsikan apa konsep kurikulum TIK.
2. Untuk mendeskripsikan bagaimana Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum TIK
3. Untuk mendeskripsikan bagaimana kondisi standar isi TIK Nasional.
4. Untuk mendeskripsikan aspek kajian dari kurikulum TIK.
5. Untuk mendeskripsikan bagaimana Pembelajaran TIK Contoh Silabus Berdasar BK,KTSP dan RPP TIK SMA
1.4 Manfaat
• Bagi Penulis. Sebagai pemenuhan atas tugas yang diberikan oleh dosen pengempu mata kuliah Telaah Kurikulum terutama dalam kurikulum TIK.
• Bagi Pembaca Sebagai bahan pembelajaran dalam mata kuliah Telaah Kurikulum terutama dalam kurikulum TIK.
PEMBAHASAN
2.1 Konsep
kurikulum TIK
Kurikulum
TIK mengandung konsep-konsep dalam tiga kategori yang saling berhubungan
sebagai berikut:
a. Berkomunikasi,
mencari tahu (inkuiri), membuat keputusan, dan menyelesaikan masalah.
b. Operasi-operasi dasar, pengetahuan, dan konsep-konsep.
b. Operasi-operasi dasar, pengetahuan, dan konsep-konsep.
c. Proses untuk produktivitas.
Siswa diharapkan untuk menerapkan pengetahuan dan
keterampilan mereka dalam kehidupan sehari dalam situasi dunia nyata. Namun
demikian, Kurikulum ICT tidak dimaksud kan untuk berdiri sendiri, tetapi lebih
masuk pula ke dalam mata pelajaran mata pelajaran lain. Dalam Buku Information
and Communication Technology, The National Curriculum for England, Key Stage
1-4, 1999 dinyatakan bahwa TIK dapat menimbulkan pengembangan spiritual, moral,
sosial, dan budaya siswa melalui TIK.
a.
Pengembangan
spiritual siswa. Dengan membantu siswa untuk berdiskusi tentang bagaimana
keterbatasan-keterbatasan TIK membuat kita ingat terhadap siapa yang
menciptakan kita sebagai manusia (sebagai contoh: dapatkah komputer mencipta?).
Juga dengan membantu siswa menyadari kreativitas dan imaginasi mereka sendiri.
b.
Pengembangan moral,
melalui pemikiran beberapa isu etika di sekitar kita tentang salah penggunaan
informasi (Contoh: hak untuk mengetahui informasi pribadi), menyadari bagaimana
TIK dapat melipatgandakan hasil dari usaha kita, dan akibatnya mengapresiasi
kebutuhan kebutuhan tanggungjawab yang lebih besar dalam penggunaannya.
a.
Pengembangan
sosial, melalui pemikiran tentang bagaimana TIK
dapat memfasilitasi komunikasi dan berbagi informasi, serta diskusi bagaimana
TIK mempengaruhi jalan kehidupan, cara bekerja dan berkomunikasi (Contoh:
dampaknya terhadap pekerjaan, hubungan sosial, dan masyarakat terbatas).
b.
Pengembangan
budaya, melalui diskusi tentang bagaimana TIK menimbulkan kontek-kontek budaya
(Contoh: bagaiamana sebuah presentasi world wide web (www) mencerminkan budaya
dari pembuatnya.
Dewasa ini, istilah Teknologi Informasi telah berkembang
dan masuk ke berbagai aspek komputasi dan teknologi yang mencakup banyak bidang
keilmuan. Cakupan keilmuan Teknologi Informasi dikategorikan ke dalam Manajemen
Informatika, Jaringan Komputer (LAN, WAN, Intranet, dan Internet), Sistem Basis
Data, Perancangan Perangkat Lunak, Sistem Informasi Manajemen, Sistem
manajemen, dan lainnya. Masing-masing kategori tersebut dibagi lagi ke dalam
berbagai keilmuan yang lebih detail lagi, sehingga sangat kompleks. Menyiapkan
tenaga professional TIK yang handal perlu dilakukan dengan memberikan
pendidikan dan pelatihan yang komprehensif berdasarkan kategori keilmuan TIK
tersebut.
Bahan kajian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
untuk jenjang SMP/MTs dan SMA/MA dalam standar isi mencakup 3 aspek yaitu
Konsep, pengetahuan, dan operasi dasar; Pengolahan informasi untuk
produktifitas ; dan Pemecahan masalah, eksplorasi dan komunikasi. Masing-masing
aspek meliputi kompetensi sebagai berikut :
Konsep, pengetahuan, dan operasi dasar.
Siswa mampu mengenali secara mendalam hakekat dan dampak
Teknologi Informasi dan Komunikasi, etika dan moral pemanfaatan teknologi,
media massa digital, masalah ergonomis dan keamanan, dasar-dasar komputer, dan
pengoperasian teknologi multimedia.
Pengolahan informasi untuk produktifitas.
Siswa mampu menggunakan pengetahuan dan keterampilan
untuk berbagai macam perangkat produktifitas teknologi meliputi: penggunaan
Sistem Operasi (Operating System); melakukan setting periferal ; pengoperasian
software ; pemanfaatan jaringan.
Pemecahan masalah, eksplorasi dan komunikasi.
Siswa mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilannya
dalam situasi kehidupan nyata untuk mendapatkan informasi, mengelola gagasan,
memecahkan masalah, melakukan penelitian, dan menggunakan perangkat komunikasi
untuk mendapatkan dan mengirimkan informasi.
2.2 Pengembangan
dan Pelaksanaan Kurikulum
TIK
Perkembangan Iptek serta
jenjang masing-masing
satuan pendidikan (UU No. 2 Tahun 2000 Tentang Sistem
Pendidikan Nasional). Salahsatu mata pelajaran yang
mendukung perkembangan
iptek yaitu
teknologi informasi dan komunikasi
(TIK).Kurikulum TIK menyediakan sebuah perspesktif luas tentang
teknologi, bagaimana
menggunakan dan
menerapkan
berbagai macam teknologi dan
dampak TIK terhadap individu dan masyarakat. Siswa SMP/MTs sampai SMA/MA didorong
untuk berkecimpung dengan kompleksitas teknologi dan juga kelebihan-kelebihan dan
kelemahan-kelemahan
teknologi dalam kehidupan kita dan dalam dunia kerja. Kurikulum TIK tidak dimaksudkan untuk berdiri sendiri tetapi lebih terintegrasi
dengan mata pelajaran lainnya. TIK lebih baik dipelajari dalam kontek
aplikasi. Aktifitas atau kegiatan kegiatan, pekerjaan-pekerjaan, dan persoalan-persoalan yang
menirukan keadaan-keadaan kehidupan
sebenarnya merupakan sumber yang efektif
untuk belajar TIK. Kurikulum TIK harus senantiasa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan TIK itu sendiri.
Berikut beberapa hal yang harus
diperhatikan dalam
mengembangkan kurikulum TIK.
1.
Program Studi
Program studi TIK di Indonesia
diperuntukkan
bagi siswa kelas VII sampai kelas XII. Harus ada dokumen tiap jenjang
SMP/MTs dan SMA/MA. Setiap dokumen
harus menggarisbawahi mengapa program harus ditawarkan, apa yang
diharapkan peserta didik untuk belajar dan prinsip-prinsip dasar tentang
bagaimana siswa
memperoleh pengetahuan yang diperlukan, ketrampilan dan sikap. Namun demikian
dokumen-dokumen tersebut harus memiliki fleksibilitas untuk
memutuskan bagaimana mengajarkan kurikulum tersebut
dan urutan dimana kurikulum diajarkan.
2. Apa yang harus
dipelajari siswa
Kurikulum TIK diarahkan kepada keberhasilan siswa dalam memahami,
menjelaskan, mengaplikansikan
TIK dalam kehidupan sehari-hari dan dalam dunia kerja. Untuk itu, melalui kurikulum TIK diharapakan:
a. Memiliki kemampuan menunjukkan ketrampilan
(skill) dan sikap untuk pembelajaran masa
depan dan dunia kerja.
b. Mengantisipasi dan merencanakan kebutuhan masa depan dengan memikirkan perubahan-perubahan dan
pengembangan di dalam masyarakat seperti
kecenderungan dalam pekerjaan, globalisasi, dan
kemajuan bidang teknologi.
c. Menyatukan
nilai-nilai dari kewarganegaraan dan menghormati
perbedaan
bahasa dan
budaya.
d. Memikirkan kebutuhan murid dan
kemampuan intelektual
sosial,
emosional, dan fisik
pada berbagai usia yang berbeda dan tahap pertumbuhan kepribadian yang berbeda.
e. Memastikan bahwa setiap kelas menyediakan landasan/dasar pengetahuan untuk pembelajaran yang sukses di tahun-tahun berikut.
f. Menyatukan penemuan-penemuan baru dan teori-teori baru yang secara umum diterima oleh ahli/pakar-pakar
di bidangnya.
g. Mengembangkan ketrampilan-ketrampilan yang penting
untuk sukses dalam pembelajaran
suatu mata pelajaran.
h. Memikirkan penelitian-penelitian baru
tentang metoda-metoda
pembelajaran dan
bagaimana murid belajar dengan
baik.
i.
Menunjukkan
tingkat yang paling sesuai dimana ketrampilan tersebut akan diperoleh.
j.
Menyatukan bagaimana studi sebuah subject (mata
pelajaran)
berkantribusi terhadap pertumbuhan
dan perkembangan
kepribadian
peserta didik.
k.Mengakomodasi pembelajaran dalam lingkungan-lingkungan yang berbeda l.Mempertimbangkan
cara yang bervariasi
tentang penyampaian program pembelajaran
kepada murid
termasuk teknologi baru
dan penggunaan
sumbersumber umum seperti ”distance learning”.
3. Siapa yang
harus terlibat (Stakeholder).Banyak pihak yang harus terlibat dalam
pengembangan
kurikulum TIK, diantaranya adalah: Pusat kurikulum, guru, kepala
madrasah, orang tua
siswa,
ahli pendidikan,
pakar dari
perguruan
tinggi,
dan anggota masyarakat yang
dipilih. Masukan-masukan dari berbagai macam stakeholder
akan memastikan bahwa kurikulum secara
terus menerus memenuhi kebutuhan siswa dan bahwa selalu ada transisi yang berkesinambungan dari kelas
yang satu
ke kelas yang lain sampai
ke perguruan tinggi
dan dunia kerja.
4. Memastikan kurikulum harus tetap up
to
date Kurikulum harus
selalu
memfasilitasi murid
dengan pengetahuan-pengetahuan dan keterampilan- keterampilan
yang dibutuhkan untuk saat
ini
dan masa
yang akan datang.
Perubahan-perubahan
kurikulum dibuat untuk mempertahankan kekinian.
dan
relevansi. Revisi
kurikulum
dilakukan setelah terjadi konsultasi
intensif dengan stakeholder pendidikan.
5.
Merencanakan
perubahan kurikulum Setiap rencana perubahan kurikulum
direncanakan jauh sebelumnya
untuk meminimalkan setiap dampak
negatif pada
madrasah, guru
dan
siswa. Pada umumnya perubahan-perubahan tersebut adalah kecil dan tidak memerlukan model pembelajaran baru atau
sumber-sumber
baru. Namun demikian jika
ternyata memerlukan
perubahan yang besar, orang-orang yang terlibat dalam perubahan harus memastikan bahwa jajaran madrasah diberi
tahu lebih awal sedemikian
rupa sehingga madrasah dapat menyiapkan untuk perubahan-perubahan
dan
penyediaan sumber-sumber baru yang dibutuhkan.
6.
Merevisi kurikulum
Jika ternyata berdasarkan proses review berkesinambungan
bahwa perlu ada revisi besar atau revisi kecil terhadap kurikulum, stakeholder
pendidikan memainkan peranan penting dalam proses
revisi. Stakeholder pendidikan melaksanakan konsultasi awal dan menyiapkan draf perubahan. Draf tersebut disebarluaskan
kepada seluruh
stakeholder melalui
panitia pengarah, format-format feedback online, konferensi/seminar, dan presentasi kepada
komite madrasah. Guru juga memainkan peranan yang vital dalam proses revisi kurikulum. Guru tersebut akan
menggunakan pengetahuan praktis
mereka tentang suatu
subject dan tentang
kebutuhan murid pada level usia tertentu untuk memberikan input dan feedback (umpan
balik) selama proses revisi.
7.
Pelaksanaan kurikulum Draf kurikulum yang dikembangkan melalui konsultasi dengan seluruh stakeholder pendidikan diajukan kepada Menteri Pendidikan Nasional
untuk memperoleh
pengesahan.
Begitu
kurikulum
tersebut
disahkan, jajaran madrasah memiliki tanggungjawab
utama
dalam pengembangan lebih lanjut sebagai program atau persiapan
pelaksanaan
lapangannya.. Beberapa madrasah
mungkin memiliki kesempatan untuk mengembangkan
ke dalam
silabus dan
RPP dan menguji coba kurikulum untuk satu tahun
Sebelum pelaksanaan kurikulum TIK
diseluruh madrasah.
8.
Evaluasi Kurikulum Setelah satu rentang waktu pelaksanaan tertentu,
kurikulum perlu atau harus dievaluasi. Pelaksanaan evaluasi kurikulum dapat dilaksanakan
secara kontinu dari
tahun
pertama sampai tahun terakhir dalam rentang waktu
tersebut.
2.3 Kondisi standar isi TIK Nasional
Secara umum, kondisi standar isi TIK
Nasional ditinjau dari kelebihan dan kekurangan dari hasil analisis dokumen
adalah sebagai berikut:
Kelebihan yaitu:
a.
Standar isi
kurikulum TIK Nasional telah memberikan konsep dasar TIK termasuk cara
pengoperasian standar dengan mempertimbangkan pada konsep etika, keselamatan,
kesehatan kerja, termasuk juga Hak atas Kekayaan Intelektual.
b.
Telah
mendorong pada kreatifitas siswa dalam pemanfaatan TIK untuk menghasilkan produk meskipun terbatas pada
teks dan grafik.
Kekurangannya yaitu:
- Cenderung berorientasi pada TIK sebagai Alat, belum secara mendasar memberikan konsep pengembangan TIK itu sendiri,
- Belum mengintegrasikan TIK dengan mata pelajaran yang terkait lainnya untuk melakukan analisis maupun pengembangan ide.
- Belum menerapkan konsep pemanfaatan TIK dalam membuat suatu model sebagai pemecahan masalah.
Kondisi kesiapan sekolah
dalam menerapkan kurikulum TIK. Kajian kesiapan sekolah dilakukan berdasarkan
kondisi kesiapan jenjang SMA/MA. Standar Isi mata pelajaran TIK dikaji oleh
para praktisi di lapangan, yaitu para guru SMA/MA yang ada di Jakarta,
Jogyakarta, dan Serpong. Hasil kajian tersebut adalah sebagai berikut.
Kajian kesiapan sekolah
Jenjang SMA/MA
1) Beberapa SK dan KD di SMA kelas X sudah didapatkan siswa di tingkat SLTP seperti Pengolah Kata,
Pengolah Angka dan Internet, sehingga
terjadi pengulangan
2) Urutan Standar Kompetensi kurang sesuai, seperti
menggunakan program presentasi diberikan
di kelas XII smt 2, Sedangkan program presentasi sudah sangat diperlukan untuk
mendukung mata pelajaran lain. Sebaiknya, menurut kami SK ini dapat ditempatkan
di kelas XI smt 1.
3) Standar Kompetensi tentang internet memuat KD yang kurang memberikan pikir kreatif. KD hanya berisi
materi-materi umum dan kurang merangsang kreatifitas siswa. Contohnya KD
tentang materi pembuatan web tidak ada.
4) Tidak adanya SK tentang pemrograman, sedangkan pemrograman
sangat penting bagi siswa untuk persiapan atau bekal mengikuti OSN Naskah
Akademik Kajian Standar Isi TIK
5) Dalam pelaksanaan kurikulum TIK
beberapa masalah yang sering muncul antara lain
o Jumlah Komputer yang belum mencukupi.
o Daya listrik yang masih kurang
o Fasilitas Akses Internet kurang maksimal
o Bahan ajar on-line dari Dinas belum ada.
6) Kurangnya wawsasan para pengajar tentang teknologi informasi, sehingga embelajaran hanya terfokus
padakomputer.
7) Program yang digunakan umumnya tidak original, sehingga
bertentangan dengan HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual).
8) Kurikulum TIK untuk SMA baru memanfaatkan komputer yang
merupakan bagian dari TIK sebatas “pengganti mesin tik konvensional”. Belum
menunjukan dasar-dasar pemrograman yang merupakan inti kecanggihan sebuah
komputer dengan teknologi canggihnya.
9) Tidak adanya SK dan KD
tentang database
10) Tidak menunjukan adanya gradasi (kenaikan) kompetensi dari SMP
ke SMA.
11) Perangkat lunak pengolah kata, pengolah angka dan perangkat
lunak presentasi terlalu sederhana untuk siswa SMA.
12) Tidak menunjukan adanya gradasi (kenaikan) kompetensi dari SMP
ke SMA.
13) Kata kerja untuk SK dan KD kurang menekankan ranah
psikomotor, sehingga muatan kurikulum
lebih banyak menuntut teori.
14) Pendidikan nilai untuk
menghargai Hak Atas Kekayaan Intelektual
(HAKI) harus lebih ditekankan pada larangan mengcopy/memperbanyak,
mengedarkan, memasang (menginstall), memperjual-belikan, perangkat lunak
bajakan.
15) Pendidikan nilai untuk menghargai Hak Atas Kekayaan
Intelektual (HAKI) harus lebih
ditekankan pada larangan mengcopy/memperbanyak, mengedarkan,
memperjual-belikan, perangkat lunak bajakan.
16) SK dan KD belum mencerminkan pendidikan TIK yang benar, karena
pengolah kata dan pengolah angka bukan merupakan “informasi” yang dimaksud
dalam TIK. Contoh informasi yang dimaksud dalam TIK adalah informasi transaksi
yang tersimpan dalam komputer ATM (Anjungan Tunai Mandiri), Informasi yang
tersimpan dalam komputer setiap Bank yang sudah on-line, Informasi transaksi
yang tersimpan dalam komputer Swalayan/Supermarket, Informasi calon penumpang
pesawat terbang yang tersimpan dalam komputer bagian penjualan tiket pesawat,
dan lain-lain yang sejenis. Jadi Informasi yang dimaksud adalah hasil
pengolahan data yang tersimpan dalam sebuah sistem database (Basis data).
17) Pengenalan dasar internet untuk siswa SMA terlalu sederhana,
tapi sebaiknya diarahkan kepada teknik rancang bangun situs web, web server,
e-mail server, downloading dan up-loading.
2.4 Kajian dari kurikulum TIK.
Bahan kajian
Kurikulum Teknologi Informasi
dan
Komunikasi (TIK) untuk jenjang SMP/MTs dan
SMA/MA dalam standar isi
mencakup 3 aspek yaitu
Konsep, pengetahuan, dan operasi dasar; Pengolahan
informasi untuk produktifitas ; dan Pemecahan masalah,
eksplorasi dan komunikasi. Masing-masing aspek meliputi kompetensi sebagai
berikut :
a. Konsep,
pengetahuan,
dan
operasi hitung
Siswa mampu mengenali secara mendalam
hakekat dan
dampak
Teknologi Informasi
dan Komunikasi,
etika
dan moral pemanfaatan teknologi, media massa digital, masalah ergonomis dan keamanan, dasar-dasar
komputer, dan
pengoperasian teknologi multimedia.
b. Pengolahan informasi
untuk produktifitas
Siswa mampu menggunakan pengetahuan dan keterampilan untuk berbagai macam perangkat produktifitas teknologi meliputi: penggunaan
Sistem Operasi (Operating System); melakukan setting
periferal ; pengoperasian software ; pemanfaatan jaringan.
c. Pemecahan masalah, eksplorasi
dan
komunikasi
Siswa mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilannya dalam situasi
kehidupan nyata untuk
mendapatkan informasi, mengelola gagasan, memecahkan masalah,
melakukan penelitian, dan menggunakan perangkat komunikasi untuk
mendapatkan dan mengirimkan informasi.
Hubungan Ketiga aspek
Aspek-aspek
standar kompetensi
tersebut
saling mendukung dalam
membentuk suatu kompetensi. Cara mengajarkan aspek 1 dan 2 tidak harus berurutan, boleh juga dimulai dari aspek 2 ke aspek 1, atau disajikan secara serentak. Kompetensi siswa yang
terbentuk dari aspek Konsep, pengetahuan, dan operasi dasar atau aspek
Pengolahan informasi untuk produktifitas
akan membangun kompetensi dari aspek
Pemecahan
masalah, eksplorasi
dan komunikasi.
2.5 Pembelajaran
TIK Contoh Silabus
Berdasar BK,KTSP dan
RPP TIK SMA.
Berikut
ini Standar Kompetensi
Pelajaran
TIK
berdasarkan KBK dan
KTSP
Kelas
|
KBK
|
KTSP
|
X-1
|
Memiliki sikap (etika dan moral
) kesehatan dan
keselamatan kerja
(K3) dalam menggunakan perangkat
TIK.
Menggunakan Sistem
Operasi (Operating
Sistem) untuk manajemen
file dan periferal.
Membuat Dokumen menggunakan
Program Pengolahan kata
|
Melakukan operasi
dasar komputer. Memahami fungsi
dan proses kerja
berbagai peralatan
TIK.
Memahami ketentuan
penggunaan
TIK
Menggunakan Operating
System
(OS)
|
X-2
|
Membuat dokumen menggunakan lembar
kerja.
Membuat Documen
menggunakan
Program
Presentasi.
|
Lanjutan
menggunakan Operating
System.
Menggunakan perangkat
lunak pengolah kata
|
XI-1
|
Membuat file database.
|
Menggunakan internet untuk
keperluan informasi
dan komunikasi
|
XI-2
|
Menggunakan paket-paket program
grafis dan
multimedia.
Mengenal Bahasa Pemrograman
|
Menggunakan perangkat
lunak pengolah angka untuk menghasilkan
informasi
|
XII-1
|
Menggunakan jaringan local (LAN)
untuk keperluan informasi
dan komunikasi
|
Menggunakan perangkat
lunak pembuat grafik.
|
XII-2
|
Menggunakan internet untuk
keperluan informasi
dan komunkasi.
Menggunakan homepage untuk informasi dan komunikasi
|
Menggunakan perangkat
lunak pembuat presentasi
|
Silabus kedua
kurikulum itu terdapat perbedaan yang sangat signifikan. Pada
kurikulum tingkat satuan pendidikan telah di rampingkan dan beberapa
kompetensi dasar telah ditiadakan dari KBK. Kompetensi dasar yang ditiadakan itu antara lain
tentang membuat file database, pengenalan bahasa
pemrograman, tentang LAN, dan
pembuatan homepage.
Isi KTSP TIK sangat sederhana dan tidak terlalu banyak materinya karena lulusan
SMA
tidak diorientasikan untuk bisa menjadi seorang
ahli TIK, jadi sangat tepat
dilakukan perampingan isi pelajaran. Wajar sekiranya sebagai pelajaran baru
TIK kurikulumnya masih belum begitu teruji. Sangat disayangkan jika KBK berlanjut
maka sangat banyak siswa yang sangat tertekan harus begitu banyak mempelajari materi TIK mulai dari tingkat awal sampai pembuatan web hingga manajemen pengelolaannya.
Pada KBK ini memang
terdapat banyak kejanggalan, antara lain penjabaran standar kompetensi kelas XII-2 yg dijabarkan dalam kompetensi dasar (KD) yang
berisi pembuatan homepage, mulai mendesain, tentang Web Author dan pengelolaan
homepage. Semetinya dalam KD itu berisi tentang bagaimana cara menggunakan
homepage itu saja. Beruntung kejanggalan
itu telah diperbaiki pada KTSP.
Contoh
RPP Mata Pelajaran
TIK
SMA
RENCANA PELAKSANAANPEMBELAJARAN (R P
P)
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester :
XI / 1
Alokasi Waktu :
2 Jam Pelajaran (2 x 45 menit) Pertemuan
ke : 2
Standar Kompetensi
:
1. Menggunakan internet untuk
keperluan informasi
dan
komunikasi
Kompetensi
Dasar :
1.1 Menjelaskan berbagai perangkat keras dan fungsinya untuk keperluan akses
internet
Indikator :
Menjelaskan mengenai Microsoft Office Excel
(Versi
2007)
Menjelaskan tampilan pada Microsoft Office Excel (Versi
2007)
Menjelaskan menu bar yang terdapat dalam Microsoft Office Excel (Versi 2007
)
Menjelaskan menu ribbon yang terdapat dalam Microsoft Office Excel (Versi
2007
)
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi
tentang mengaktifkan komputer siswa dapat:
A.
Akademik
Mengetahui
mengenai internet
Mengetahui perangkat keras untuk akses
internet
Mengetahui
perangkat
pendukung akses
internet pada jaringan
B. Nilai Karakter
1. Menggunakan waktu untuk memulai
dan mengakiri kegiatan
inti secara sistematis
(disiplin)
2. Mencari sumber belajar dan bertanya hal-hal yang kurang jelas (Kreatif
dan
Inovatif, kritis.
3. Berusaha untuk
mengerjakan tugas secara mandiri (Mandiri)
II.
Materi
Terlampir
III. Metode Pembelajaran
Metoda : Ceramah, Diskusi, Penugasan
Model : Direct
learning
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Tahapan
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
(menit)
|
Pendahuluan
|
a. Mengucapkan salam
b. Melakukan absensi
c. Melakukan apersepsi
d.
Menyampaikan beberapa kompetensi yang akan dicapai
dalam pembelajaran
|
a. Membalas salam guru
(Bersahabat/Komunikatif)
b. Memberitahukan absensi hari
ini
c. Memperhatikan dengan seksama
|
+10
|
Kegiatan Inti
|
1. Eksplorasi
a. Menggali pengetahuan awal
siswa terkait materi
yang akan disampaikan dengan memberikan
beberapa pertanyaan.
2. Elaborasi
a. Menyampaikan
materi
pembelajaran
b.
Membagikan LKS serta memberikan
petunjuk
|
1. Eksplorasi
a. Menyimak
topik yang disampaikan oleh guru dan
menjawab pertanyaan
yang diberikan sesuai dengan pengetahuan awal
yang mereka
miliki (Disiplin, Kreatif dan Inovatif, Kritis).
2. Elaborasi
a. Menyimak penjelasan guru
mengenai materi diajarkan oleh guru (Disiplin)
b. Bertanya jika ada hal – hal
|
+ 10
+ 50
|
Tahapan
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Waktu
(menit)
|
pengerjaan LKS kepada
siswa.
c. Membimbing siswa dalam
mengerjakan tugasnya
3. Konfirmasi
a. Menujuk beberapa siswa
untuk membacakan hasil pekerjaannya
b. Melakukan refleksi terhadap proses
belajar mengajar yang telah berlangsung
serta memberikan penjelasan jika ada yang
masih salah pada
saat siswa
membacakan hasil
pekerjaannya dan memberikan kesempatan untuk bertanya kepada
siswa jika masih ada yang
belum jelas.
|
yang kurang jelas saat
demonstrasi
( Kreatif)
c.
Mengerjakan
tugas (Kerja Keras, Kreatif,
Jujur, Mandiri)
3. Konfirmasi
a.
Maju kedepan
untuk
membacakan hasil kerja (
Kerja Keras,
Tanggung Jawab)
|
+ 10
|
|
Penutup
|
a. Bersama-sama
dengan siswa
membuat rangkuman/simpulan
pelajaran
b. Memberikan informasi rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
c. Mengucapkan salam penutup
|
a. Ikut
merangkum/menyimpulkan pelajaran dan mencatat hal-hal yang dianggap
penting
b. Merapikan
buku dan alat tulis
c.
Membalas salam guru (Bersahabat/Komunikatif)
|
+ 10
|
V. Sumber Belajar
Alat
:
Papan tulis, Spidol, Komputer
(PC)/Laptop, dan LCD
Sumber : LKS
VIVA
PAKARINDO, Buku
Paket Teknologi
Informasi dan
Komunikasi
Kelas XI Penerbit
Erlangga, Internet
VI. Penilaian
1. Aspek Kognitif
Teknik : Tes
tulis Bentuk Instrumen : Soal
uraian Soal / instrumen
:
1.
Internet dikatakan sebagai sebuah jaringan komputer global,
jelaskan
maksud
pernyataan
tersebut!
2.
Sebut
dan jelaskan beberapa jenis modem yang ada!
Kunci Jawaban:
1. Internet
(interconnection
networking)
merupakan
jaringan yang
menghubungkan komputer-komputer di seluruh
dunia, sehingga terbentuk
ruang maya komputer
dimana
masing-masing
komputer
salaing berhubungan
dan berkomunikasi
2.Rubrik Penilaian
:
Nilai
|
Kriteria
|
100
|
- Menjelaskan mengenai Pengertian
Internet dengan benar
|
90
|
- Kurang sempurna menjelaskan mengenai Pengertian Internet dengan
benar
|
80
|
- Menjelaskan mengenai
Pengertian
Internet dengan cukup benar
|
70
|
- Menjelaskan mengenai
Pengertian
Internet dengan Tidak tepat
|
0
|
Tidak menuliskan apapun
|
Skor Maksimum = 100
Skor Minimum = 0
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Kurikulum mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan-
tantangan di
masa depan dengan memberikan keterampilan dan keahlian bertahan hidup. Kurikulum tidak cukup hanya dengan mengarahkan peserta didik pada penguasaan
materi pembelajaran (content oriented) saja, tetapi perlu
juga dikembangkan dengan berorientasi kepada
kehidupan
peserta didik dan perkembangan
ilmu pengetahuan
dan
teknologi.
Oleh karena itu, kurikulum TIK lahir sebagaimana kebutuhan manusia yang setiap
hari mengandalkan teknologi untuk mempermudah suatu proses belajar-mengajar.
3.2 Saran
Dalam sebuah perjalanan suatu kurikulum, hendaknya
dianalisis dari kebutuhan siswa tersebut. Sehingga nantinya, dalam menggunakan
suatu kurikulum TIK, siswa tidak kebingungan atau dalam artian lain, siswa
tidak bisa memanfaatkan / mengimplementasikan pembelajaran yang sudah
dipelajari dalam kurikulum TIK tersebut.
DAFTAR
PUSTAKA
Wikipedia
,”Pengertian Teknologi
informasi dan komunikasi ”
Oktober 2012)
Anonim.2012”Peran-tik-dalam-dunia-pendidikan” http://edukasi.kompasiana.com/2012/07/10/peran-tik-dalam-dunia-pendidikan/ (
diakses tanggal 2 November 2012
)
bdkpadang.kemenag.”
Pengemangan
dan pelaksanaan Kurikulum TIK
“http://bdkpadang.kemenag.go.id//( diakses tanggal 2
November 2012 )
Anonim.2007”
silabus-tik-sma-antara-kbk-dan-ktsp”
http://urip.wordpress.com/2007/01/10/silabus-tik-sma-antara-kbk-dan-ktsp/ ( diakses tanggal 2
November 2012 )
Title : Makalah Telaah Kurikulum : Kurikulum TIK KTSP
Description : PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Bidang teknologi informasi dan komunikasi berkembang. Perkembangan ini berpengaruh besar terhadap ber...
Description : PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Bidang teknologi informasi dan komunikasi berkembang. Perkembangan ini berpengaruh besar terhadap ber...
Hi, I do think this is an excellent web site. I stumbledupon it ;) I will come back once again since i have book-marked it.
ReplyDeleteMoney and freedom is the greatest way to change, may you be rich and continue to help other people.
Also visit my page - backup camera
It's actually a great and useful piece of information. I'm happy
ReplyDeletethat you just shared this helpful information with us.
Please stay us informed like this. Thank you for sharing.
Feel free to visit my web site ; reborn baby dolls
Hi to all, how is all, I think every one is getting more from this
ReplyDeleteweb page, and your views are good in favor of new viewers.
Feel free to visit my web-site Garden supply
Hey there! This post could not be written any better!
ReplyDeleteReading this post reminds me of my previous room mate!
He always kept talking about this. I will forward
this write-up to him. Fairly certain he will have a good read.
Thank you for sharing!
Here is my web page ; funnymariogames
Good post. I learn something totally new and challenging on sites
ReplyDeleteI stumbleupon every day. It will always be interesting to
read content from other writers and use something from other websites.
My web site :: funnymariogames
Hi my friend! I want to say that this post is amazing, great written and include approximately
ReplyDeleteall significant infos. I would like to see more posts like this .
Also see my page: social media
I used to be able to find good advice from your articles.
ReplyDeleteMy web page - Forex Trading Demo
Hi! Someone in my Facebook group shared this website with us so I came to take a look.
ReplyDeleteI'm definitely enjoying the information. I'm bookmarking and will be tweeting this to my
followers! Superb blog and wonderful design and style.
Check out my homepage ... High Desert
I have been browsing online more than 3 hours lately, yet I by no means found any fascinating article like yours.
ReplyDeleteIt's lovely value enough for me. In my opinion, if all website owners and bloggers made good content as you did, the web will be much more useful than ever before.
Also visit my blog post :: lorenzetti roma
Awesome post.
ReplyDeleteMy webpage new super mario bros. soda jungle painted swamp
Hello, I enjoy reading through your article post.
ReplyDeleteI like to write a little comment to support you.
My webpage :: friv
Do you mind if I quote a couple of your articles as long as I provide credit and sources back to your webpage?
ReplyDeleteMy website is in the very same area of interest as yours and my users
would really benefit from some of the information you present here.
Please let me know if this alright with you.
Regards!
Feel free to visit my page; registering an online business
my web site - how to register a brand name in usa,how to register a trademark,how to trademark a name,trademark attorney cost,Trademark office,trademark brand,filing a trademark online,how to file a trademark online,online trademark filing,file trademark,registering an online business,register domain name,trademark domain name,trademark your business name,trade marking a name,cheap trademark,register a logo,register brand name,brand protection,trademark attorney,trademark attorney new york,trademark attorney new jersey,trademark attorney orange county,trademark attorney chicago
Hello, I enjoy reading through your article. I wanted to write a little comment to support you.
ReplyDeleteMy website ... gw2 gold
my page: buy cheap gw2 gold
Remarkable things here. I'm very glad to look your post. Thank you so much and I am taking a look forward to touch you. Will you please drop me a e-mail?
ReplyDeletemy web page; tours chiang mai
thanks ya ....bagus suka sekali thanks
ReplyDeleteCool and that i have a neat offer: What Home Renovation Expenses Are Tax Deductible house renovation before after
ReplyDelete