Membuat Foto HDR dengan mudah di android - Snapseed

Membuat Foto HDR dengan mudah di android - Snapseed, HDR di smartphone android menggunakan apa? Untuk membuat HDR imaging di Smartphone android biasanya menggunakan efek Fattal dari aplikasi Picsart. Kemudian di kombinasi dengan aplikasi lainnya, Betul tidak? Akan tetapi kelemahan menggunakan Fattal yaitu Loading ketika proses Fattalnya yang sangt lama, apalagi hape yang processornya masih dibawah 1 Ghz, bisa ditinggal bikin kopi sama ngerokok dulu dua lencer hehehe.

Nah sekarang udah ada aplikasi yang awalnya ada di Iphone (IOS) sekarang juga ada di Smartphone android, yaitu Snapseed. Setelah aku utak2ik aplikasi ini ternyata dapat main HDR imaging dengan Aplikasi ini, yak cukup satu aplikasi ini saja (kecuali kamu ingin kombinasi mencampurkan efek yang tidak ada di Snapseed dengan aplikasi lain). Memang efek merubah menjadi foto HDR sudah ada di Snapseed yaitu kalian dengan menggunakan efek Drama pada menu Snapseed, akan tetapi itu hanya HDR biasa saja yang lebih banyak terlihat Halonya (efek putih dipinggiran objek seperti HDR dengan menggunakan gabungan multiple exposure) bukan HDR imaging seperti yang kalian lihat di Instagram atau lainnya.

Tapi ternyata setelah aku utak atik ada beberapa car yang dapat membantu efek itu semua, mari kita simak dan langsung praktek ilmunya:

Note :
• Pahami kegunaan setiap Efek dari aplikasi yang kamu gunakan, khususnya Snapseed dalam tutorial kali ini, agar jika kamu ingin mengkombinasi dengan efek lain di snapseed tidak terjadi kesalahan. Karena pada aplikasi Snapseed tidak ada fitur Undo yang jika salah dapat diulang satu step sebelumnya.
• Setiap tutor yang aku sampaikan disini tidak selalu pakem harus ikut cara aku, baik step maupun nilai value dari setiap effect dapat berubah sesuai kondisi foto yang akan diedit. Akan tetapi gunakan effect yang telah aku sampaikan walaupun nanti urutan maupun nilainya dapat berubah diluar Tutor yang aku berikan.
• Disini aku akan memberikan mentahan foto berdasarkan Tutor yang akan aku berikan, & lebih baik kamu mencoba dulu menggunakan foto dari aku agar kamu dapat megetahui perbedaan apabila ada kesalahan.
• Jika kamu ingin mengkombinasikan dengan aplikasi lain setelah tutor yang aku berikan silahkan, silahkan kamu bereksplorasi sendiri.

Persiapan :
• Mentahan foto, bisa cari gambar terserah di internet • Aplikasi Snapseed, dapat di download di Playstore
• Berdoa & be creative... :D

STEP 1 : Crop

• Pertama kalian buka foto yang akan kalian edit di Snapseed. Crop foto dengan format kotak atau 1 x 1 agar dapat di share ke Instagram.

STEP 2 : Drama

• Drama > Drama 2 > Filter strength +100 > Saturation +30 > Done Ceklist.

STEP 3 : Details

• Details > Sharpening 0 alias dibiarkan default > Structure +100 > Done ceklist.

STEP 4 : Tune Image

• Tune Image > Brightness -20 > Ambiance +100 > Contrast +20 > Saturation -10 (karena terlalu over setelah proses sebelumnya maka saturasi aku turunkan) > White Balance biarkn apa adanya > Done ceklist.

STEP 5 : Center Focus

• Nah selanjutnya aku ingin menambahkan Vignette di sekeliling Objek agar lebih dramatis dengan cara; Center focus > Atur point vignette dengan men Tap layar > Blur strenght 0 > Outer brightness -95 > Inner brightness -20 > Done Ceklist.

STEP 6 : Details

• Nah karena aku merasa Teksture HDRnya masih kurang maka aku perkuat lagi dengan effect Details kembali ; Details > Sharpening +10 > Structure +30 > Done ceklist.

Nah ini lah hasil yang kalian dapatkan dari proses diatas :
Bagaimana? Sudah dapatkan HDR Imagingnya? Sebenarnya sampai step ini HDR Imaging sudah kalian dapatkan tinggal kalian tambahkan apabila warna atau vignette dan lainnya masih kurang. Saya kasih satu step tambahan lagi untuk merubah warna. Aku ingin menambahkan warna yang lebih merah agar terlihat lebih sedikit spooky (ini selera, terserah kamu untuk penambahannya)

STEP 7 : Tune Image (Merubah warna saja)
•Tune Image > White balance +73 > Done Ceklist.

Ok sampai STEP 6 sebenarnya pengolahan HDR imaging kalian sudah selesai & dapat kalian save, tinggal bagaimana kreatifitas kalian untuk menambahkan efek lain di Snapseed, bukan hanya Snapseed saja mungkin setelah dari Aplikasi Snapseed dapat ditambahkan dengan effect dari aplikasi lainnya, tapi dengan catatan semakin banyak aplikasi maka foto kalian akan semakin berkurang kualitasnya karena dia akan otomatis terkompres jika masuk ke aplikasi yang lain. Kalau aku cukup bermain di satu aplikasi saja agar kualitas foto tidak berkurang. Saran bila ingin menambahkan dengan aplikasi lain lebih baik tidak terlalu banyak, maksimal 2 aplikasi lagi setelah memakai Snapseed.

Berikut merupakan hasil foto yang telah kalian edit diatas, dari hasil Step 6 lalu step 7 & satu lagi yang sudah aku ubah ke Black & White. Silahkan dinikmati...

Hasil STEP 6

Hasil STEP 7

Hasil Black & White

Sumber:
Facebook : http://www.facebook.com/imam.fajarie
Instagram /Twitter : @eirajafmami
Title : Membuat Foto HDR dengan mudah di android - Snapseed
Description : Membuat Foto HDR dengan mudah di android - Snapseed , HDR di smartphone android menggunakan apa? Untuk membuat HDR imaging di Smartphone and...

0 Response to "Membuat Foto HDR dengan mudah di android - Snapseed"

Post a Comment

No SPAM and No PORN, ejoy for comment!

Berlangganan

Masukan alamat Email mu untuk Berlangganan Artikel Lewat Email, kamu akan dapat Update Artikel dari blog ini langsung melalui email

Enter your email address: