77 Juta Pengguna Playstation Terkena "Hack"



Mahardika Blog's - Serangan hacker ke jaringan online Sony PlayStation Network merupakan kasus serius sepanjang 10 tahun ini. Penyusup jaringan internal itu diyakini telah mencuri password dan data pengguna.

Sony dalam pernyataannya terkini mengakui bahwa sejak terjadi serangan ke dua PSN PlayStation 20 April, telah terjadi pencurian alamat, alamat email, tanggal lahir, password, dan nama pengguna. Sebanyak 77 juta alamat pengguna telah berpindah tangan.

Yusuf Bonneau, seorang peneliti dari laboratorium komputer University of Cambridge menjelaskan dari hasil studi menunjukkan sampai 50% password yang dicuri, akan digunakan kembali di tempat lain secara online. ''Meskipun hacker tidak memiliki kartu kredit milik pengguna, mereka masih bisa mengakses layanan perbankan online, yang diperoleh dari data yang dicuri,'' jelasnya.



Sementara itu Graham Lee, penulis sekaligus konsultan keamanan perangkat lunak yang berbasis di Oxford, berpendapat seharusnya perusahaan penyelenggara game online memiliki sistem keamanan berlapis. Bahkan password dan data pengguna harus terenkripsi.

''Kalau perusahaan itu tidak menyediakan layanan password dan data terenkripsi, maka siapapun bisa melakukan penyerangan. Bahkan staf yang bekerja di Sony pun bisa melakukan itu. Mereka bisa membobol dan menemukan akses serta password, yang berpotensi untuk tujuan jahat,'' tegasnya.

Menurutnya, seharusnya perusahaan tersebut bertanggungjawab atas kerusakan dan pencurian data pengguna. Sayangnya sampai sekarang undang-undang untuk perusahaan online belum mengatur itu, sehingga Sony bisa bebas dari jeratan hukum.

Namun tidak demikian di Inggris. Di negara tersebut, terdapat 3 juta pengguna Sony PlayStation Network. Komisaris Informasi Inggris Christopher Graham menerapkan Undang-Undang Perlindungan Data. Menurutnya Sony bisa didenda sampai 500 ribu poundsterling apabila ditemukan kasus pelanggaran berat. (telegraph/Nda/OL-07)

sumber : kaskus
Title : 77 Juta Pengguna Playstation Terkena "Hack"
Description : Mahardika Blog's - Serangan hacker ke jaringan online Sony PlayStation Network merupakan kasus serius sepanjang 10 tahun ini. Penyusu...

0 Response to "77 Juta Pengguna Playstation Terkena "Hack""

Post a Comment

No SPAM and No PORN, ejoy for comment!

Berlangganan

Masukan alamat Email mu untuk Berlangganan Artikel Lewat Email, kamu akan dapat Update Artikel dari blog ini langsung melalui email

Enter your email address: